Bagaimana cara mengetahui sebuah lowongan kerja merupakan lowongan yang sebenarnya atau hanya modus penipuan saja?

Sedikit tips dari saya untuk membedakan lowongan kerja yang asli dan palsu.

  1. EMAIL. Kalau kamu melihat poster loker, dan di sana tercantum emailnya, pastikan email tersebut memiliki domain yang sama dengan yang tercantum di website perusahaan tersebut.
  2. GAJI. Kalau Anda menemukan loker yang mencantumkan jumlah gaji yang akan didapat, dan jumlah gaji tsb tergolong besar, maka bisa dipastikan bahwa ini adalah penipuan. Walau terkadang ada perusahaan yg mencantumkan jumlah gaji dalam bentuk range di beberapa platform pencarian loker seperti Jobstreet, tapi kita tetap harus cek cek lagi ya.
  3. CEK WEB RESMINYA. Beberapa perusahaan besar memiliki laman tersendiri di websitenya yang dikhususkan untuk memposting lowongan kerja. Coba cek di website resmi perusahaan tsb, apakah loker yg kamu temukan juga tercantum di sana. Walau perusahaan tidak selalu mencantumkan lokernya di web resmi, tapi terkadang juga melalui Website Khusus Loker seperti Jobstreet, Glints, Jobs.id, dll, atau melalui LinkedIn dan Instagram resmi mereka.
  4. UNDANGAN WAWANCARA YANG MENGHARUSKAN BELI TIKET TRAVEL. Big No. Ini pasti penipuan, kalau kita harus beli tiket travel ke mereka. Bahkan, beberapa perusahaan ternama justru menanggung biaya transportasi peserta yang mengikuti tes / interview loker mereka, tanpa harus reimbursement (setahu saya).
  5. BAYAR INI ITU, DAN PROSES SERTA INTERVIEW TERGOLONG MUDAH. Tidak ada sesuatu yg instan. Apalagi disuruh bayar2 yang gak jelas di awal. Hati2 dengan yang satu ini. Umumnya tes kerja yang resmi nggak akan meminta bayaran apa pun.
  6. SEKALI POSTING, BISA ADA BELASAN – PULUHAN POSISI, NAMUN TIDAK ADA PERSYARATAN SPESIFIK UNTUK MASING2 LOKER. Saya sering loker seperti ini di LinkedIn. Dikatakan kalau itu loker dari Pertamina, atau Chevron, dan jumlah lokernya itu banyak banget, dan sekali diposting, ada di banyak lokasi, tapi sangat jelas kalau itu adalah fake vacancy yg dipost orang2 tak bertanggung jawab di LinkedIn. Walau ada juga poster yang berisi beberapa job title yang diperlukan sekaligus. So, tetap cek juga menggunakan tips2 sebelumnya.

Mungkin itu beberapa tips dari saya. Mungkin ada beberapa parameter lain yang terlewatkan oleh saya, kalau saya ingat, akan saya coba untuk tambahkan. Btw, pengalaman juga sangat dibutuhkan untuk membedakan antara loker yang asli dan palsu. Tidak jarang ada orang yang tertipu karena terlalu polos, kurang pengalaman dalam mengidentifikasi loker yang asli dan palsu, padahal kalau sudah terbiasa, dalam sekali lihat kita bisa saja langsung tahu apalah loker tsb asli atau tidak.

Semoga jawaban ini bermanfaat.

Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.