Berapa gaji PNS saat ini?

Tadi niatnya mau enggak mau anonim, tapi mengingat situasi sedang pandemi, dan terkadang sebagian kecil warga quora tidak dapat santuy dan kadang malah menimbulkan iri yang kadang ditunjukkan dengan komen yang tidak sopan dan argumen yang kurang tepat, akhir nya anonim saja lah, toh tujuan saya hanya untuk membantu penanya menemukan jawaban.

Jadi begini,

Hampir temen-temen lainnya sudah menjawab semua PNS kalau di tanya, jawabannya tentu akan berbeda-beda. Karena memang yang sama hanya Gaji Pokok saja.

Ada komponen lainnya yang berbeda tentunya baik dari sisi instansi (Kementerian/Lembaga) maupun dari sisi jabatan.

Saya asumsikan pertanyaannya dan jawabannya pada PNS Pemerintah Pusat. Karena saya tidak tahu untuk PNS Pemerintah Daerah. Kita asumsikan saja juga, lulusan S1 yang menjadi ASN pada kelas jabatan 7.

  • Gaji Pokok

Gaji pokok mengacu pada PP 15/2019 [1] , yang biasanya nominalnya ada pada lampiran. dan saudara Syamsudin S.Pd sudah merincikannya di jawaban sebelumnya.

Bagaimana cara membacanya biar gampang:

  1. Lulusan S1/D4 pada umumnya Golongan III/a sekitar 2,6 juta,
  2. Lulusan D3 pada umumnya Golongan II/c sekitar 2,3 juta,
  3. Lulusan SMA/D1 pada umumnya Golongan II/a sekitar 2 juta.
  • Tunjangan Kinerja

Tunjangan kinerja berbeda tergantung Kementerian/Lembaga (K/L), dimana nominalnya bisanya ada pada Peraturan Presiden, dan nominalnya mengacu pada kelas jabatan. Kelas jabatan mengacu kepada jabatan yang di emban (ada aturan tersendiri).

Biar gampang, kita asumsikan saja, Lulusan S1/D4 mejadi ASN dan mendapatkan jabatan yang mempunyai kelas jabatan (grade) 7, (praktiknya bisa lebih kecil atau bisa lebih besar tergantung kelas jabatan/jabatan masing-masing, sehingga terkadang bias untuk dibandingkan satu dengan lainnya)

Cara gampang mencarinya di mesin pencarian :

pdf Peraturan Presiden Tunjangan Kinerja Kementerian … (isi kementerian yang di ingin ketahui)

Saya coba bantu sampaikan beberapa K/L (kelas jabatan 7 saja)

  1. 2,3 juta
    (mis. Badan Keamanan Laut-Perpres 95/2013 [2])
  2. 3,9 juta
    (mis. Kementerian Luar Negeri-Perpres 124/2018 [3])
  3. 6,9 juta
    (mis. Badan Pemeriksa Keuangan-Perpres 84/2018 [4])
  4. 8,2 juta/12,3 juta
    (Tunjangan Kinerja tertinggi ada pada Direktorat Jenderal Pajak (DJP)-Kementerian Keuangan, akan tetapi Eselon I selain DJP tidak sampai nominal tersebut untuk tunjangan kinerjanya, DJP-Perpres37 Tahun 2015 –[5] )
  • Uang Makan

Nominal uang makan di atur dalam standar biaya masukan yang diterbitkan dalam Perarturan Kementerian Keuangan, untuk tahun 2020, ada pada PMK 78/2019 [6]

Kita asumsikan ASN lulusan S1 yang Golongan III, maka uang makan 37 ribu per hari kerja. (asumsi 22 hari kerja maka, 814 ribu per bulan)

  • Tunjangan Umum dan Tunjangan Beras

Tunjangan Umum nominalnya sesuai dengan Golongan yang diatur Perpres 12/2006 [7], sedangkan Tunjangan Beras dalam bentuk uang mengacu pada Peraturan DJPb Per-3/2015 [8]

Kita asumsikan ASN lulusan S1 yang Golongan III, maka Tunjangan Umumnya 185 ribu per bulan. dan ASN tersebut masih status belum nikah maka Tunjangan Berasnya 72 ribu (7.242 x10)

  • Iuran Wajib Pegawai (pengurang penghasilan)

Nominalnya berbeda-beda, saya kebetulan lupa aturan rincian persentase pengurangannya pada masing-masing komponen (sebagai gambaran rata-rata sih kalau lulusan S1, golongan III, grade 7 biasanya di bawah 500 ribu, sekitar 200 ribuan /, jika mengacu pada PMK 222/2014 [9]. Iuran Wajib Pegawai ada:

  1. Iuran dana pensiun
  2. Tabungan hari tua
  3. Iuran jaminan kesehatan
  • Penghasilan lain yang diatur perundang-undangan
    • Uang Lembur (jika lembur dan jika pencairan uang lembur diajukan sesuai peraturan)
    • Uang Harian Perjalanan Dinas (jika ada)

karena ada beberapa aturan lain, yang kadang tidak semua PNS dapat, tapi sebagain mendapatkannya karena jabatan khusus misalnya, dan semua sesuai peraturan perundang-undangan juga.

  • Take Home Pay

Secara umum, Komponen yang membuat beda tentunya tunjangan kinerja kan, karena secara nominal cukup besar, sehingga misal kita asumsikan PNS, lulusan S1, grade 7, (tanpa lembur dan dinas luar) maka bisa saja:

  1. sekitar kurang lebih 5 jutaan (kalau Tukinnya 2,3 juta + Gapok 2,6 juta + Uang Makan 0,8 juta + Tunjangan Umum dan beras 0,2 juta)
  2. sekitar kurang lebih 7 jutaan (kalau Tukinnya 3,9 juta + Gapok 2,6 juta + Uang Makan 0,8 juta + Tunjangan Umum dan beras 0,2 juta)
  3. sekitar kurang lebih 10 jutaan (kalau Tukinnya 6,9 juta + Gapok 2,6 juta + Uang Makan 0,8 juta + Tunjangan Umum dan beras 0,2 juta)
  4. sekitar kurang lebih 11 jutaan (kalau Tukinnya 8,2 juta + Gapok 2,6 juta + Uang Makan 0,8 juta + Tunjangan Umum dan beras 0,2 juta)

Catatan:

  • Dan jawabannya tersebut tentu bukan untuk menyombongkan diri. Niatannya hanya untuk berbagi pengetahuan kepada temen-temen yang mungkin membutuhkan karena ingin menjadi PNS di kementerian tertentu misalnya.
  • Dan benar jika dibandingkan UMR dan sebagian Pemda, tentu jumlah total tersebut akan relatif lebih besar.
  • Dan kalau dibandingkan dengan sebagian BUMN, perusahaan swasta dalam negeri, perusahaan multinasional, jumlah total tersebut akan relatif lebih kecil.
  • Sehingga tidak bijak juga sih untuk dibanding-bandingkan.
  • Jadi tetap santuy saja, sekedar untuk menambah pengetahuan dan tetap berpikiran positif serta tidak rusuh. Nanti tidak ada yang mau jelasin lagi kalau ujung-ujungnya rusuh dan berprasangka buruk (karena pendapat kita juga belum tentu benar, dan jawaban ini tidak mewakili masing-masing PNS).
  • Dan kalau kira-kira rusuh, sebaiknya saya hapus saja nanti. sejauh ini saya asumsikan warga quora adalah warga yang baik dan sopan.
  • Karena aturan dinamis, bisa saja aturan yang saya sampaikan sudah berubah
  • Karena baru masuk kabinet baru, bisa saja nama K/L sudah berubah
  • Karena tiap K/L berbeda, tuntu saja yang saya sampaikan tidak mencermin semua K/L
  • Silahkan dikoreksi jika ada jawaban/data/aturan yang lebih tepat

Semoga sedikit bermanfaat dan semoga sedikit membantu menjawab pertanyaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.