Berapakah gaji pertamamu di perusahaan BUMN?

saya masuk BUMN lewat jalur resmi yaitu Rekrutmen Bersama Kementerian BUMN. tesnya cukup kompleks meliputi Administrasi, psikotest dasar bappenas dari kementerian BUMN, toefl, wawancara psikolog serta user, hingga medical check up lengkap. gaji sewaktu ojt sekitar 5 jt. setelah diangkat alhamdulillah 2 digit.

maka dari itu saya selalu menyarankan untuk lewat jalur yang umum saja lah daripada jalur orang dalem yg aneh2, karena meskipun suffer, setelah lulus akan lebih puas dan career path kita akan lebih mulus apalagi kalo kita masuk lewat jalur semacam management trainee.

Masuk pertama di BUMN kontruksi gaji 3,9 jt/bulan, posisi di kantor pusat jakarta, dikirim ke proyek selama masa OJT gaji masih tetap selama 6 bulan , cuman kadang dikasih insentif operasional yang besarnya ga tentu

setelah kelar OJT gaji langsun naik 7 jt/ bulan, plus tunjangan dan detasir terima 10 jtan

Sebenernya bukan BUMN, tapi cucunya BUMN bidang migas. Bisnis nya di bidang telekomunikasi. Posisi saya waktu itu sebagai network engineer. Bisa dikatakan posisi inti sebagai penunjang operasional bisnis perusahaan. Tapi sayang nya, walaupun “tulang punggung” tapi bayaran dan status kepegawaian nya outsourcing , ya tidak sesuai. Gaji nya pada saat saya masuk di 2018, 5.4jt / bulan diluar lembur. Kerja system shifting dengan shift sore 12 jam. Lembur memang ada, tapi semampu mampunya kita lembur, ya paling banyak THP nya 7.5 jt. Sangat sangat tidak sesuai dengan beban kerja, tingkat kesulitan dan juga peran pekerjaan tsb di perusahaan.

Posisi permanen kebanyakan sudah di reserve buat “keluarga” dari pejabat pejabat nya. Dan kebanyakan juga mereka mereka itu ditempatkan di posisi yang “receh” , atau bisa saya katakan bukan posisi yang penting penting amat buat bisnis perusahaan.

Sebenarnya bukan BUMN ori. Tapi anak perusahaan BUMN. Gaji saya selama probation (3 Bulan) adalah 6 juta. Setelah lulus probation, gaji saya naik jadi 7,8 juta. Saya dapat makan siang dan snack. Dalam satu tahun saya bisa menerima 14–16 kali gaji, ada THR, bonus kinerja perusahaan, uang jalan, bahkan ada bonus ulang tahun juga. Saat awal menerima offering saya juga lumayan kaget karena tawarannya melebihi ekspektasi saya yang fresh graduate. Kantornya pun bukan di Jakarta, melainkan di Bandung. Untuk beban kerjanya, kada sibuk banget kadang santai banget. Kalau lagi sibuk banget saya bisa begadang berhari-hari.

Dari awal masuk di 2017 sampai sekarang, gaji saya memyesuaikan UMR Kota Surakarta. Maka, saya cari fee sendiri di tiap project. Apa yang dulu dijanjikan ketika interview, selalu berubah seiring pergantian pimpinan. Oiya, status saya masih pegawai kontrak; yang diperpanjang setiap tahunnya. Kata para atasan sih, tidak ada pegawai tetap di BUMN.

Leave a Reply

Your email address will not be published.