Bagaimana cara merawat kucing agar tetap wangi?

Saya punya tiga kucing dan ketiga-tiganya merupakan kucing yang aktif. Sering main keluar dan kerap kali ditemukan dalam kondisi kotor dan bau, padahal anabul suka juga tiduran di kasur.

Jadi tips dari saya:

Menjaga kebersihan kucing

  1. Mandi minimal sekali dalam dua minggu. Saya bukan tipe orang yang ini, wkwk. Tapi tante saya adalah orang yang rajin memandikan kucing-kucingnya setiap dua minggu sekali dan hasilnya kucing tante saya selalu wangi. Jadi memandikan kucing dua minggu sekali saya rasa efektif, tapi kembali lagi pada kondisi kucingnya. Jika masih kitten usia kurang dari 2 bulan sebaiknya tidak dimandikan, berlaku juga untuk kucing sakit.
  2. Mandi basah repot? Coba Mandi kering. Yap, ini yang sering saya lakukan. Saya biasanya memandikan para kucing 1 bulan sekali. Karena kucing saya itu super aktif jadi setelah mandi pasti kotor lagi. Alternatifnya saya mandikan para kucing dengan kapas dan air hangat untuk menghilangkan kotoran yang menempel di tubuhnya.

Perhatikan kebersihan kandangnya juga

Kandang kucing yang kotor juga bisa menjadi penyebab kucing jadi bau. Selain itu kandang kotor juga tempat bersarang kuman dan penyakit. Jadi, rajin-rajin membersihkan kandang juga, ya.

Coba parfum kucing

Pernah coba parfum kucing? Jika belum cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan bau pada kucing untuk sementara. Sekarang sudah banyak tersedia parfum khusus kucing di petshop maupun marketplace online. Tapi ingat, parfum khusus kucing, ya. Jangan coba-coba menyemprotkan parfum manusia ke kucing.

Cek kesehatan kucing secara berkala

Pengalaman saya waktu itu bau tidak sedap kucing saya bersumber dari air liur nya. Baru kemarin saya mandikan dan semprot sana-sini, tapi kucing saya tetep bau gak enak dan ternyata kucing saya sariawan. Ternyata masalah kesehatan kucing juga berpengaruh, jadi periksa kondisi kucing jika menemukan kejanggalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.