Gimana sih caranya investasi saham yang aman bagi pemula?

Gue dulu ngerasa yang namanya trading itu identik dengan forex, karena memang kebanyakan di lingkungan gue dan temen temen gue yang trading itu di pasar forex. Nah makin kesini ternyata baru tahu, trading itu sebenarnya aktifitas jual beli. Jadi ketika kita transaksi jual atau beli, sebenarnya kita sedang trading.

Nah terus apa bedanya trading saham dengan investasi saham? Menurut gue trading dengan invest saham itu perbedaannya ada pada waktu transaksinya. Maksudnya gimana bang? Jadi gini, trading saham itu biasanya waktunya lebih cepat, misalnya beli saham BBCA pagi, dan ternyata sore sebelum tutup pasarnya sudah cuan 3% kemudian di jual. Jadi transaksinya cepat. Sedangkan investasi saham parameternya biasanya lebih lama. Kalo kata Lo keng hong, beli saham aja 10 juta, kemudian tidur 30 tahun, bangun bangun udah jadi 5 Milyar. Gue juga niatnya gitu, beli saham 10 juta, terus tinggal tidur 30 tahun, eh baru tidur 2 jam udah kebangun gegara laper. Jadi ya bikin indomie dulu.

Karena ini ngomongin invest saham, jadi udah jelas kan time frame nya berapa lama. Misalnya gini, gue umur 20 tahun nih, dan belum menikah. Gue punya uang 100 juta, nah gue pengen beli saham. Kira kira saham apa sih yang selama 5 tahun ke depan memberikan untung atau minimal masih utuh 100 juta bahkan lebih?

Dari pertanyaan itu, gue akan merasa aman invest di saham ketika melihat history harga saham tersebut selama 5 tahun terakhir. Ketika tiap tahun mengalami kenaikan seenggaknya itu bisa menjadi salah satu pertimbangan. Cuma kalo menurut gue selama kita beli saham dari perusahaan perusahaan blue chip itu gak bikin jantung kita deg degan kaya pas waktu pertama kali cipokan.

Jaman bapak bapak kita beli saham, itu masih sangat ribet. Ya wajar aja sih, dulu teknologi masih sangat terbatas. Belum ada cewe cewe joget di tiktok, belum ada instagram dan belum ada web bokep. Namun sekarang beli saham udah kayak beli pulsa di tokopedia. Tinggal klik klik doang udah jadi pemilik saham. 

Terus cara belinya gimana? Jadi kalo beli saham itu harus menggunakan sekuritas atau broker. Nah tiap sekuritas biasanya ada aplikasinya. Jadi lebih enak, kita tinggal pilih mau pake sekuritas apa buat beli sahamnya.

Jadi yang terpenting sebelum membeli saham itu, lo harus punya rekening sekuritas dan punya akun sekuritasnya. Karena beli saham harus pake itu, gabisa tiba-tiba lo dateng ke perusahaan terus bilang ke resepsionisnya, “mbak, saya mau beli saham 2 lot”, yang ada lo di usir satpamnya.

Tahun 2020 gue masih mengira kalo daftar sekuritas itu susah. Harus daftar nya di kota-kota tertentu lah, harus pake syarat yang gue kira susah lah, harus modal gede lah. Tapi ternyata enggak, ya memang sih dulu memang kaya gitu. Tapi sekarang sudah berubah.

Gue bikin sekuritas itu di Mandiri Sekuritas, atau aplikasinya itu MOST. untuk modal awal yang di setorkan itu minimal 10 juta. Karena dulu gue gak tau ilmunya, gue cuma pake analisis bego, yaitu gue beli saham perbankan yang paling mahal. Karena prinsip gue yang mahal biasanya bagus. Haha. Dulu gue beli BBCA.

Nah tahun ini tepat satu tahun lebih dikit nih. Dari hasil pembelian BBCA udah dapet floating profit sekitar 20%. Dan rencana memang gue biarin sampe beberapa tahun kedepan. Lumayan sih buat jaga jaga uang sekolah anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.